Home > VB.NET > Mengenal VB.NET

Mengenal VB.NET

Adanya perubahan besar yang dibawa oleh Internet telah dapat menembus segala aspek kehidupan manusia. Hal ini membuat Microsoft mengubah pandangannya tentang masa depan, dari orientasi yang berpusat pada PC ke orientasi yang berpusat pada Internet khususnya masalah service / layanan. Untuk mewujudkan konsep All Internet Based ini, Microsoft mengembangkan kumpulan teknologi baru yang mereka sebut Microsoft.NET.

Sebuah hasil survey menjelaskan bahwa untuk membuktikan keseriusan Microsoft dalam melaksanakan konsep ini, mereka membelanjakan jutaan dolar AS yang mewakili 80% dari anggaran Research and Development mereka. Platform .NET tidak hanya dikhususkan bagi aplikasi yang dibuat menggunakan Visual Studio.NET (VS.NET) saja, tapi nantinya semua produk-produk Microsoft kedepannya akan berbasiskan .NET. Contohnya yang telah kita nikmati adalah Microsoft Office 2003, menggunakan format file XML (Extensible Markup Language) untuk penyimpanan datanya. Juga sistem operasi Windows dengan kode “Longhorn”.

Alasan dibuat .NET adalah memberikan pemakai akses ke informasi, file atau program, setiap tempat, setiap saat, setiap platform dan setiap perangkat. Pemakai tidak perlu tahu dimana informasi berada atau detail bagaimana cara memanggilnya.

a. Sejarah Singkat

Visual Basic versi sebelumnya adalah Visual Basic 6 yang diluncurkan Microsoft tahun 1998. kemudian pada bulan Juli 2000, Microsoft memaparkan pengembangan Microsoft.NET dalam PDC (Proffesional Developer Conference) di Orlando, Florida, AS.

Setelah dilakukan pengembangan cukup lama, akan pada Februari 2002 secara resmi Microsoft merilis VS.NET di mana salah satu bahasa pemrogramannya adalah VB.NET.

Lalu pada tahun 2003, Microsoft merilis VS.NET 2003 yang memperbaiki performa dan aspek keamanan dari VS.NET 2002. Pada VS.NET 2003 telah menggunakan .NET Framework 1.1 yang terbaru.

Pada awal tahun ini Microsoft juga telah merilis VS.NET 2005 dengan menggunakan .NET Framework 2.0.

b. Edisi Visual Studio.NET

Microsoft umumnya dalam setiap versi membuat empat edisi Visual Studio.NET, dimulai dari edisi paling dasar sampai paling lengkap sbb :

VS.NET Proffesional

Merupakan produk dasar yang terdiri dari VB.NET, Visual C++ .NET, Visual C# .NET dan Visual J# .NET. Dapat untuk membuat dan menggunakan layanan Web XML (XML Web Services), membangun aplikasi web, windows dan mobile menggunakan WML, pada telepon seluler menggunakan basis WAP dan XHTML untuk Pocket PC, Palm dan sejenisnya.

VS.NET Academic

Memiliki semua fitur yang ada pada edisi Proffesional ditambah dengan beberapa fitur instruksional yang didesain untuk menyedrhanakan pengolahan mata kuliah dan memudahkan pengembangan aplikasi baik untuk fakultas maupun mahasiswa. Terdapat tool untuk fakultas seperti pengelolaan tugas dan code extraction, pembuatan dokumentasi dan contoh kode.

VS.NET Enterprise Developer

Memiliki fitur standar pada Proffesional ditambah kemampuan untuk mengembangkan aplikasi enterprise seperti :

• Memungkinkan kerja sama tim developer untuk aplikasi windows dan web. Tim developer dapat berbagi kode sumber dan proyek menggunakan Visual SourceSafe.
• Disediakan tool untuk membangun aplikasi enterprise. Terdapat Server Explorer dan Visual Component Designer. Adanya Visual Database Tool untuk bekerja secara langsung dengan lapisan data dari berbagai sumber database termasuk SQL Server dan Oracle.
• Terdapat versi penuh dari SQL Server 2000, Windows Server 2000, Exchange Server, E-Commerce Server dan Microsoft Host Integration Server.
• Developer dapat menggunakan template proyek enterprise dan frameworks yang berisi petunjuk arsitektural terpasang untuk membangun aplikasi.

VS.NET Enterprise Architect

Memiliki fitur pada enterprise developer ditambah kemampuan untuk mendesain, menentukan dan mengkomunikasikan arsitektur dan fungsionalitas aplikasi. Diantaranya :

• Mendesain XML Web Services dan aplikasi secara Visual. Terdapat software modeling Visio berbasis UML (Unified Modelling Language) untuk membuat aplikasi arsitektur, bisnis dan desain database. Juga terdapat model untuk membuat class, fungsi dan method.
• Disediakan database modelling berbasis Visio.
• Untuk Business Process terdapat BizTalkServer 2000 Developer Edition.
• Disediakan fitur untuk membuat Enterprise Template dan Frameworks menggunakan Template Description Language.

Categories: VB.NET
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: